PENJELASAN & PENGERTIAN TEATER


Teater tradisional & Modern
Art Of Culture
Arief Budiman (@1213F)
XI IPA I
SMA PINTAR KAB. KUANSING
RONALDO ROZALINO, S.Sn




Ok coy kali ini gue akan menjelaskan sekaligus memberikan pengertian juga ya tentang apa itu teater atau lebih lengkapnya gue akan menjelaskan tentang apa itu teater tradisionla dan apa juga itu teater modern. ok supaya lebih jelasnya ni gue jelasin dulu apa itu teater selamat membaca.

Teater merupakan suatu media langsung atau media komunikasi langsung yang djadikan wahana penting dalam menyebarkan kebudayaan dan pemikiran di sepanjang zaman. teater terkadang mengisahakan tragedi yang begitu menyedihkan yang terkadang memaksa penonoton untuk terhanyut turut menangis dan terkadang pula ada teater yang terkadang menyodorkan pertanyaan kepada publik, akan tetapi ada juga teater yang bisa membuat penontonnya tertawa lebar.


Sebenarnya Teater juga bisa diartikan sebagai bagian dari seni pentas yang berakar dari kebudayaan kuno ataupun kepercayaan suatu bangsa atau lebih rincinya suatu daerah. Seni pentas semacam itu menjadi semacam memori yang masih bertahan menyimpan suatu kenangan saat kehidupan dan kesibukan manusia belum terpisahkan dengan doa-doa dan ritual kepercayaannya. Di masa itu,manusia hidup selaras dengan alam dan menganggap dirinya sebagai bagian tak terpisahkan dari alam. Karena itu, teater ritual yang berkembang di zaman itu mengemas pel bagai konsep yang terlihat berbeda itu menjadi sebuah tontonan seni. Namun sekarang banyak teater yang kurang berkembang.


Kita mesti menciptakan perubahan struktural dalam substansi teater tradisional namun dengan tetap mempertahankan secara utuh kaidah pementasan, sehingga bisa terwujud pengalaman baru. Bahkan dalam beberapa kasus, format dan penampilan pementasan harus diubah juga. Masyarakat sekarang sangat berbeda dengan tipe masyarakat ratusan tahun yang lalu. Mereka memiliki tuntutan dan selera yang baru pula. Karena itu, teater mesti menggarap persoalan hidup sehari-hari mereka. Dengan begitu, inovasi semacam itulah yang akan menjamin kelestarian teater tradisional dan menjaganya untuk generasi mendatang".


Sejatinya, teater tradisional yang kita kenal sekarang lahir dari situasi sosial tertentu yang berbeda dengan kondisi sekarang. Ada banyak peneliti teater yang mengakui bahwa jika teater tradisional dipentaskan sesuai dengan format aslinya, tentu tidak akan banyak menarik minat publik. Dan perlahan akan mengubahnya menjadi ragam seni yang layak dimuseumkan.


Teater tradisional merupakan bagian dari identitas budaya dan menjadi kekayaan kultural bangsa-bangsa yang berperadaban kuno. Meski demikian sebagian besar pakar seni menilai perlu diadakannya perubahan dalam menampilkan seni pentas tersebut sesuai dengan tuntutan masyarakat modern. Menggali kembali akar sejarah teater tradisional merupakan langkah awal untuk menggelar perubahan. Selain itu, mengenal asal-asul dan mencari unsur-unsur asli teater tradisional dengan cara memisahkannya dari tendensi sosial dan politik yang melingkupinya di masa lalu merupakan salah satu cara untuk menemukan format dasarnya. Selain itu, memadukan teater tradisional dengan sentuhan modern yang lebih inovatif seperti penggunaan tata cahaya, dekorasi, dan musik merupakan salah satu cara untuk membuat seni pentas tradisional terlihat makin menarik.


Lebih jauh ia menjelaskan, "Pementasan teater tradisional secara klasik sudah tidak menarik lagi bagi publik modern dan hanya menghibur mereka beberapa jam saja. Karena itu, upaya mempromosikan teater tradisional harus diiringi dengan rekonstruksi seni pentas ini. Kehidupan masyarakat tradisional dan problematika mereka harus bisa menyusup dalam teater tradisional. Sebab hanya dengan cara itulah teater tradisional bisa tetap bertahan".


Jadi kalu teater tradisional itu di Kuansing contoh nya adalah randai. Itu merupakan salah satu teater tradisional yang sampai sekarang masih hidp di kabupaten kuantan singingi dan mungkin saya kira randai ini tidak akan mati karena sudah banyak sekarang regenaerasi dari randai ini contohnya ada pelajar SMP Kuansing yang menciptakan gruop randai baru dan semuanya anak-anak dari SMP tersebut yang mengisinya.


Sekarang gue mau bahas dikit ni masalah teater modern. Teater modern tu udach sama-sama kita ketahui kan apa jadi saya g' perlu lagi donk menjelaskan panjang lebar mengenai hal tersebut. Contoh dari teater modern ini adalah sinetron yang sering kta tonton selama ini tau kan coy. Jdi teater modern ini adalah teater yang tealh mengalami modereniasasi mengikuti zaman, yang tidak dialkukan secara spontan lagi melainkan sudah menggunakan naskah dan pementasannya juga jarang dilakukan di pentas lagi.


Jadi kita memang harus sering mempelajari masalah teater ini karena teater sudah ada sejak dulu kala,kita bisa mempelajarinya dipelajaran seni dan bahasa Indonesia. Kita harus membangun kembali teater yang bagus seperti teater teater kita yang telah mendapat sorotan dimancanegara pada tahun tahun sebelumnya. dan melalui bacaan ini saya berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia agar selalu menciptakan, mancintai, menghargai, menjaga, mempublikasikan dan memberikan masukan terhadap teater indonesia agar teater indonesia tidak lagi diakui sebagi hak milik negara lain seperti Malaysia tu yang nggak tau diuntung masak kebudayaan orang dibilang kebudayaan dia juga padahal kita negara tetangga tu masak kayak gitu g' bisa menghargai tetangganya sendiri orang udach capek membuatnya malah diakui punya dia sendiri.
Wassallam…….




5 komentar:

uliyah mengatakan...

Apa bedanya teather sama teatherikal, tolong jelaskan.

mutiara mengatakan...

ehmmm..
kmuu pinter bgd eah bisa tauu bnyak tntg teater...
salluuut dch aq,,,

GENESSIS mengatakan...

yoi coi kasih taw aQ lah soal nya Q suruh bikind kliping neh bantu Q yah neh almat fb Q add yah please?

bambangcrime@yahoo.co.id

kemuning mengatakan...

tp pengertianya cm diqit..
9a da tambahan niy?

bencana alam mengatakan...

pengertiannx k pnjgn'x,,!!!

Poskan Komentar